apa si 1 meter dan 1 detik itu??

kemarin gw baru bimbingan TTM sama dosen gw. kebetulan giliran gw belom. waktu itu lagi giliran temen gw yang ngebahas tentang FTIR (Fourier Transform Infra Red) sebagai salah satu alat karakterisasi polymer. tanya jawab terus berlangsung sampai dosen gw bertanya,

“sebenernya apa si 1 meter itu?”

“ukuran , Pak”jawab temen gw. terus dosen gw langsung memotong,

“Iya, saya tau itu ukuran. tapi dari mana kita menetapkan 1 meter itu panjangnya segini, 1 centi itu adalah 1/100 meter?? itu dari mana??????”kita bertiga yang ada di ruangan itu terdiam karena sama2 nggak tau, 1 meter itu standarnya apa. akhirnya dosen gw menjawab,

“1 meter adalah panjang gelombang orange gas kripton!!!!” hah??? gw ama kedua temen gw terperangah..ya Tuhan,,, dosen gw pinter banget yak,,sampe tau hal2 kaya gitu.hehehe..ato kita yang bloon yah??

setelah itu dosen gw bertanya lagi sama temen gw itu,

“trus kalo 1 detik itu apa??”

“mmm……” temen gw nggak bisa menjawab. sebenernya gw inget si yang ada atom2 cesiumnya tapi gw tuh lupa tu atom2 ngapain biar dapet 1 detik itu..hehehe…akhirnya gw memilih untuk diem aja.

tampaknya dosen gw mulai nggak sabar dan dia pun mulai menggebrak meja..BRAAAKKKK!!!! astagadragon,,kagetlah kita semua lah yaw…trus dia bilang,

“masa kaya gitu aja gak tau!!!!masa kalian tu menggunakan satuan itu tiap hari, tiap waktu, tapi nggak tau dari mana asalnya satuan itu. masa kalian nggak penasaran sih!!!”

setelah kejadian kemarin, akhirnya gw menjadi penasaran. hari ini gw ke kampus. setelah mengecek akun gw yang seperti biasa(fs, facebook, yahoomail) dan akun material fair 2008, gw pun mencari apa yang dibilang sama dosen gw kemarin di wikipedia dan the results are…

“definisi meter sebagai 1.650.763,73 kali panjang gelombang spektrum cahaya oranye-merah atom krypton-86 dalam sebuah ruang vakum.”

“definisi detik adalah Durasi sepanjang 9.192.631.770 periode dari radiasi sehubungan dengan transisi antara dua hyperfine level dari ground state dari atom caesium-133.”

6 thoughts on “apa si 1 meter dan 1 detik itu??

  1. yang nentuin tu ukuran siapa sih??? bisa2nya keluar angka 1.650.763,73 kali panjang gelombang spektrum cahaya oranye-merah atom krypton-86 dalam sebuah ruang vakum.

    Trus yang detik = Durasi sepanjang 9.192.631.770 periode dari radiasi sehubungan dengan transisi antara dua hyperfine level dari ground state dari atom caesium-133

    Tah papa…. kalo satu jengkal tu berarti apa dong?? 1 inch? 1 rupiah? 1-1 aku sayang ibu?

  2. tri..
    tu kan satuan yang modern..
    bilang dong ke pak arif.

    1 meter = panjang platina-indium yang disimpan di museum standar di Prancis
    1 detik = waktu yang dibutuhkan biar cahaya berpindah sepanjang 300.000 km

    hahaha.. sotoy gw 😛

  3. hahahahahahahahahahahahhaaaaaaaaaaa..
    jd inget masa lalu gini
    disaat kita masih muda!!

    hadu…nampak bego yah gw dulu???!!
    kyany p’arif teh kesel bgt liat gw yang g tw ap2..
    salah kita yg bego apa salah p’arif yg terlalu pinter yak???
    sp suruh pinter bgt..smpe2 tanya bgituan..g nymbung m ap yg lg kita bahas!!!

Leave a Reply

