sok tau nya anak2…

jadi inget, dulu itu gw ternyata sok tau. udh kaya kepinteran aja gw. tapi itu pun berlaku buat temen2 gw ternyata. jadi inget dulu tu ada ujian penjaskes (pendidikan jasmani dan kesehatan kayanya si) trus ada soal ujian begini,

“sebutkan 4 gaya yang digunakan dalam olah raga renang!”

trus temen gw bilang dengan PDnya,

“ih,aku tau semuanya looohhhh…..” sambil senyum2 ngisep lolipop, salah, dulu tuh namanya jagoan neon yak?

“ih, kamu pinter banget, emang jawabannya apa sih? aku cuman bisa 2 tuh”kata temen gw yang lain. gw cuman diem aja waktu itu. langsng tanpa tedeng aling-aling, temen gw menjawab dengan kenceng banget, stereo abis dah…

“gaya bebas, katak, kupu-kupu, sama gaya anjing….”

trus ada lagi, temen gw yang sok tau. dulu tuh kita kan sering kata-kataan nama orang tua. pas jaman esde ato esempe kali yah, gw lupa. trus waktu itu ada temen gw yang anaknya suka sok kenal dah, kalo gw baca di Lupus, istilahnya SKSD PALAPA (sok kenal, sok deket, padahal nggak tau apa-apa). waktu itu, gw sama temen gw yang sok tau itu abis pulang sekolah, ketemulah dengan salah seorang temen kita yang lain. dia lagi naik becak sama nyokapnya. langsung, kembali, tanpa basa-basi, dia langsung teriak kenceng banget(maksudnya mungkin menyapa),

“eh ,Agusssssss….dari mana nih???????”

ternyata temen gw yang lagi naik becak itu langsung bengong, sementara nyokapnya melotot. temen gw bingung, baru abis itu gw jelasin,

“eh, Agus itu nama bokapnya, nama anaknya Beni.”

trus ada lagi temen esempe gw yang rajin abis, belajar mulu kerjaannya…pas waktu ujian EHB, THB, ato apa lagi lah istilahnya, banyak banget. temen gw ngapalin sambil kenceng2

“pasal 28, KEMERDEKAAN BERSERIKAT DAN BERKUMPUL…bla..bla…”

“pasal 29, KEBEBASAN BERAGAMA..bla..bla…”

trus gw sama temen2 gw bingung, ni anak, semangat banget ngapalin pasal2 P4 ato UUD ato apa lah, PPKN jaman esempe dulu. trus temen gw ini (yang ngapalin pasal2 tadi) nanya dengan muka (agak) mencemooh ke kita2.

“lah, masa lo belom apal sih? pasal2 gini kan penting sapa tau keluar di ujian nanti.. ya ampun, masa gak ada yang apal?” kita semua menggeleng bego,,padahal nggak usah menggeleng juga udah bego.

“enggak, kan ujiannya masi besok. sekarang kan ujian matematik”

Leave a Reply

