belajar menjadi dewasa..

pengennya sih jadi dewasa seutuhnya,,,mengerti apa arti dewasa..
oke2 gw juga bukan orang yang sempurna, ngomongin orang pernah, curang pernah, dendam pernah..tapi gimana ya,,kayaknya orang sering salah mengartikan dewasa..

1. gw setuju banget sama slogan ludruk, abang ngomong abang ijo ngomong ijo..yang maknanya bicara aja apa yang ada di hati. ngga usah sok bermulut manis, menjilat atau apapun lah.. lagian sebagai orang dewasa kita seharusnya ngerti kalo dibilangin pastinya. harus sadar juga bahwa yang diajak ngomong itu juga udah dewasa dan ngga bodoh, pasti tau lah tipe orang penjilat dan engga.

2. sebelum nunjuk kesalahan orang, tunjuk dulu kesalahan diri sendiri. udah menyindir orang atau nuduh orang tapi dirinya sendiri ngga ngaca. bahwa kita manusia sama2 punya salah, ngga sempurna. kenapa sih ngga diomongin baik2? kan bisa ngomong secara halus juga.

3. tau diri di segala sikon. kita udah besar lho, ngga lagi manja2 kaya anak2 atau pura2 ngga tau situasi. kita harus tau menempatkan diri kita, jangan pura2 ngga tau biar dianggap imut dan lucu sama orang. kalo ngga tau, cari tau segera!!

4. adaptasi dengan lingkungan. liat donk contoh evolusi. jerapah aja mati kalo lehernya pendek. begitu pula dengan kita, bukan lingkungan yang menyesuaikan diri sama kita tapi kita yang menyesuaikan diri. itu aja intinya, gimana beradaptasi menjadi penting..untuk survive di dalam setiap situasi.

5. belajar ngga mempermasalahkan hal2 kecil yang ngga penting. kalo ada orang salah ngomong dikit, ya udah lah…ngga usah dibesar2kan, cerita sana sini, gosip yang di”gosok” makin sip, ngga perlu lah. masa ngga ada kerjaan lain sih??? apalagi kalo ternyata orang yang kita jelek2in itu adalah temen kita sendiri..haduh..

6. instrospeksi diri
kalo ada yang salah sama lingkungan atau ada yang berubah dari temen2 kita. sebaiknya introspeksi. ada apa dengan kita?
mungkin tanpa kita sadari, kita telah menjadi orang yang menyebalkan atau egois. saatnya meminta saran orang2 terdekat. bukan malah menyalahkan orang lain karena ngga cocok sama kita. tapi liat dulu diri sendiri. hanya gara2 itu semua orang jadi disalahkan dan semua jadi ngga nyaman.

gw juga bukan orang yang sempurna tapi seenggaknya tulisan ini bisa membantu supaya lebih dewasa..hehehe…^^

Advertisements

3 thoughts on “belajar menjadi dewasa..

  1. saya ingin bicara seperti orang dewasa agar ayah dan ibu saya tidak memperlakukan ku seperti anak.kecil lagi tapi saya selalu gagal

  2. well..makasih untuk komennya ^^

    well menjadi dewasa sebenernya ngga bakal ada di handbook2 atau di mana2, karena proses menjadi dewasa tiap orang itu beda2..

    tapi satu hal/quote yang gw dapet dari suatu serial tv yang gw sukaa banget, which is ugly betty, is..

    becoming mature is isn’t about making decision, but dealing with decision..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s