berteman pamrih

mungkin kita semua yakin, kalo kita semua selalu berteman tulus
“ah ngga mungkin gw manfaatin temen”
“gile aja lu, masa gw ngga iklas ama temen sendiri”
“dia temen gw gitu!!”

okei, mungkin menurut pendapat pribadi, kita orang yang baik dan oke lah dalam berteman, tapi apa kita pernah manyadari tindakan2 kita mungkin sekali mengarah ke “berteman pamrih”???

gw sendiri sangat menghargai pertemanan, soalnya menurut gw nih ya, manusia ngga akan hidup sendiri. jadi gw ngga percaya banget kalo ada yang bilang “ah, gw ngga butuh temen” karena yaa itu, gw ngerasa kalo temen it usuatu kebutuhan setelah pangan, papan, sandang. itu kalo menurut gw ya…

kadang gw ngerasa ada orang yang bilang kalo dia sangat menghargai persahabatan, tapi pada buktinya?? dia sama sekali ngga menghargainya. kalo ada temen yang ngga sependapat sama kita, langsung marah. kalo ada temen yang punya kritik buat nya, dia langsung membeberkan semua kesalahan kita selama ini. apa itu yang namanya temen? buat gw itu bullshit banget apa yang dia bilang. mending tarik lagi deh kata2nya!

ada juga tipe orang yang seneng berteman kalo lagi seneng aja, maksudnya ketika seneng2, maen, ketawa2, dia selalu ada dan baik ama temennya. tapi ketika susah, atau apapun suasana prihatin, dia ngga ada nemenin atau ngebantu temennya. kadang kita menjadi orang yang seperti ini, tapi apakah kita pernah sadar kalo kita kaya gini??

selain itu ada juga temen “pemanfaatan”. jadi kalo ada maunya aja baru baik, tapi kalo lagi ngga butuh, ditinggalin deh tu “temannya”. misalnya lagi butuh nebeng mobil, baik ama si B, kalo lagi butuh contekan PR, baik ama si C.

temen “simbiosis mutualisme” juga ada. A kaya tapi bodo, trus B miskin tapi pinternya bukan maaiiiin…. yah jadi mereka “tukeran” deh, A menyuplai kebutuhan si B sementara B menyuplai nilai A.

banyak hal yang bikin kita berteman, banyak hal yang bikin kita berantem sama temen, jadi mulai sekarang kenapa kita ngga menjadi temen yang seutuhnya, karena berbuat baik sama orang itu ngga ada salahnya kan??

thats what friends are for…

One thought on “berteman pamrih

Leave a Reply

