finally,,

dan akhirnya kota ketiga yang harus gw tempatin adalah Pohang,,, setelah pada suatu malem gw mendapat email bahwa aplikasi gw di terima di sana,,

sekolah yang akan gw masupin adalah GIFT POSTECH. sebuah grad. institute untuk ferrous technology di POSTECH,,

untung banget di sana ada temen gw, Eka yang lagi ambil master juga tapi di Daegu,, pertama kali baca email kalo gw diterima adalah : kaget, seneng, sedih harus meninggalkan Indonesia, apalagi Bandung, dan juga orangtua dan pacar tercinta hehehe… tapi sekaligus excited, ini impian gw keluar negeri,,seperti yang gw tulis di postingan blog gw sebelumnya.

jadi setelah tau bahwa diterima, gw :

-memastikan bahwa itu beasiswa. penting banget,soalnya jangan sampe kita udh ngurus banyak hal tapi ternyata bukan beasiswa, tanyakan aja via email ke TU/PR dari univ. nya, banyak nanya ngga berarti kita bloon, tapi emang kita concern. itu kan bukan kayak jalan dari bandung-jakarta ajah

-melegalisir semua dokumen kayak transkrip, ijasah dkk..jangan sampe punya 2 biji doang potokopiannya, mendingan sekalian potokopi 10x. selain itu potokopi aja yang banyak : pasport, ktp, sim, hasil english proficiency test [toefl, ielts], cv.

-cek kesehatan!!! ini penting banget, meskipun disana ada asuransi, tapi ada baiknya medcheck disini. kalo kamu yang pake kacamata, re-check min/plus/silindris kamu, cek gigi juga, jangan sampe kaya gw, yang ternyata harus operasi geraham bungsu [tulisan ini dibuat ketika gw ngga bisa makan, ngomong dan di samping laptop gw teronggok bubur..]

-bikin NPWP!!! more important than above,,biar bebas fiskal yang jutaan itu, silahkan bikin npwp,,FYI, gw [ktp Bekasi, Jabar] dan temen gw [ktp DKI] bisa bikin di Bandung,,tapi temen gw yang KTP Pasteur ngga harus bikin di kantor pajak deket rumahnya.

sekian dulu deh, soalnya yang baru gw lakukan hanya itu, visa dkk minggu depan bikinnya,,,

5 thoughts on “finally,,

  1. Salam kenal! wah, keterima di GIFT, selamat! Saya ada rencana melamar ke sana juga. Kalau boleh sih ingin minta pengalaman melamar ke sana, hehe. Btw, saya belum jelas nih dari website GIFT. Itu semua mahasiswa yang keterima dapet beasiswa ya? Terus kita ngga perlu bayar tuition fee yang per semester itu? Atau harus bayar dengan menggunakan uang beasiswa?

    1. semua mahasiswanya dapet beasiswa =)
      bebas kok tuition fee nya..kita nanti bayar dulu sebesar 516.000 won tapi nanti di ganti kok sama duit beasiswanya..
      ayo2 apply aja ke sini,,biar ada orang indonesia lagi =)

  2. Mantaap. Hehe, iya, saya mau ngelamar ke situ kok, lagi nunggu pembimbing saya nih, baru ke kampus tanggal 1 Sept nanti. Btw, saya dari FT 2004, jadi pengennya ngelamar ke lab kontrolnya. Kalo Astri?

  3. Single fighter?? seru abis! Kalo gw keterima (amiin) pengen ngambil early research, jadi bisa duluan ke sana sebelum semester baru. Eh, gw bole minta email lo gak? atau lo kirimin aja ke email gw: waruboy@yahoo.com . Gw agak bingung ngisi application form sama soal reference letternya, jadi mau nanya. Mohon petunjuknya šŸ˜€

Leave a Reply

