I do believe in God, but I just don’t believe any religions.

sepenggal kalimat tersebut keluar dari mulut seorang temen Rusia gw di sabtu siang, sebelum kita pergi ke Bukbu Beach. ortunya penganut Ortodoks dan berkata kepadanya, “just do whatever you want”.

sejenak gw berpikir, setelah hampir semua temen gw disini ngga percaya agama, well i can say atheis. temen pertama gw yang atheis adalah temen sejurusan gw dari Vietnam, waktu itu dia nanya gw lagi googling apa, dan gw jawab aja kalo misalnya gw lagi googling untuk mencari catholic church di Pohang. dan dia langsung bilang, kalo dia atheis. terus gw bilang lagi, well let me write in Indonesian…

“oh jadi lu ngga percaya Tuhan??”

“hmm..gw bingung sih sebenernya”

“oh gitu, apa bisa bikin ktp disana tapi ngga beragama, soalnya di Indonesia, lu ngga akan bisa bikin ktp sekalipun kalo ngga beragama”

“bisa kok, tulis aja NO di kolom religionnya”

“oh gitu ya?”

“emang ada berapa agama di Indonesia? lu bilang kemarin kalo Indonesia banyak Islamnya ya. tapi kok lo bukan Islam??”

“Indonesia mengakui 6 agama, Islam Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. lu harus memilih salah satu dari agama tersebut, karena agama itu salah satu fundamental sektor di Indonesia”

“oh gitu ya? kadang2 gw cuman pergi ke temple, tapi ya gitu deh, I just don’t believe in religion and its ceremony”

-tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman aja, ngga ada maksud untuk apa2..beneran deh

let there be peace on earth!

Leave a Reply

