saya orang indonesia, sedang berada di korea, mau ke jepang

hanya ingin berbagi pengalaman waktu ngurus visa kemarin ke jepang. jadi begini ceritanya. gw dapet liburan 3 hari, dan gw memilih tgl 16-18 agustus yang sederet sama tanggal 15 agustus which is HUT nya korea, jadi libur lumayan panjang. akhirny gw memutuskan untuk pergi ke jepang, dimana om gw kerja di Tokyo, kan kapan lagi tuh ya ^^

maka berangkat lah saya untuk mengurus visa ke sana, dan inilah langkah2 pengalaman saya :

a. pastikan apa aja yang dibutuhkan!! bisa tanya konsulat jepang di Busan 051-465-5101 untuk visa turis, yang dibutuhkan adalah :

– paspor [dan fotokopi halaman depan dan visa pelajar saya]

– foto 4.5×4.5 cm [untuk ditempel di lembaran aplikasi visa, ukuran foto itu approximately segitu]

– fotokopi alien card korea saya

– letter of reason [kenapa pergi ke jepang, berapa lama semacam curhat2 kecil lah, gw aja cuman 4 kalimat. dibawahnya dibubuhi tanda tangan dan tanggal apply visa]

– letter of enrollment [surat keterangan gw bersekolah dimana, dlm hal ini gw minta ke adm officenya jurusan gw]

– kopi buku tabungan [halaman paling depan dan 2 lembar terakhir, kalo ngga salah minimal ada 800.000 won di tabungan]

– surat aplikasi visa [bisa diambil di sana langsung tapi ada baiknya di donlot/minta ke orang yang uda pernah apply visa dan diisi dengan TELITI ]

– surat travel [bisa di donlot juga, isinya adalah kerjaan lu di jepang mau ngapain aja, jalan2 kemana dan tinggal dimana]

– surat jaminan/undangan [jika kasusnya kaya gw, which is undangan om gw, maka mintalah ke beliau surat jaminan dan undangan bahwa beliau akan menanggung hidup mati lu disana hehehe…]

– kopian alien card dan visa si pengundang [karena gw family vacation, maka harus ada bukti bahwa si pengundang adalah orang yang bener2 ada di jepang]

b. jangan lupa buat rangkapnya, dalam hal ini, gw bikin rangkap 3. lebih baik repot disini daripada menyesal di kedutaan

c. cek dulu ALAMAT kedutaan itu dan HOW TO GET THERE – pas gw sih liat di web nya, tanya temen korea dan print itu alamat dan no telp kedutaannya. jadi gw ke Busan naek bus kira2 jam 8 dan dilanjut naek subway jalur orange [nopo-sinpyeong]dan turun di Choryang, disitu adalah pintu belakang kedutannya, jadi lu harus muterin dulu nyari pintu depannya. abis turun di choryang, keluar stasiun dari pintu 5 abis itu terus aja ada jalan kecil sebelum taman, belok kanan, jalan terus sampe ketemu jalan besar dan belok kanan lagi, disitu lah pintu depan si konsulat tersebut.

d. cek dulu jam brapa kedutaan tersebut buka, konsulat Jepang di Busan buka jam 9.30-12.00 trus istirahat dan buka lagi13.30-17.00

e. cek CUACA hari itu, sehingga persiapan maksimal dan dokumen tidak basah.

f. pastikan selalu tanya “kapan kira2 selesai??” karena gw dateng dari kota lain maka akan sangat ribet kalo harus bolak balik tanpa hasil. jangan lupa uang untuk visa sebesar 39.000 won

g. jangan sampe ada barang yang ketinggalan, apalagi semua adalah dokumen penting menyangkut hidup dan mati lu di negara asal maupun tujuan.

 

sekian pengalaman gw, mudah2an berguna bagi yang mau bikin visa ke jepang ^^

12 thoughts on “saya orang indonesia, sedang berada di korea, mau ke jepang

  1. hi! sekarang kebetulan saya lagi ada di Korea, dan ada rencana untuk ke Jepang buat ngunjungin teman sekitar bulan September/Oktober. Mau nanya nih, masa berlaku visa Jepangnya berapa lama yah? terus masalah buku tabungan, itu 800.000 won nggak harus ada di 3 bulan terakhir kan yah? makasih banyak 😀

    1. masa berlakunya 30 hari kalo nggak salah, kalau untuk tabungan, harus hasil dari terakhir kali print out buku tabungan, jadi kalau mau apply visa misalnya tanggal 15, buku tabungan di print out aja sekitar tanggal 10-11. jadi biasanya untuk menyiasatinya kalo kita nggak punya uang sebanyak itu, pinjem dulu uang teman, print out buku tabungan, trus uangnya kembalikan lagi ke teman.

      1. oh berarti nggak usah print out buku tabungannya selama 3 bulan itu juga gapapa ya? tadinya aku mau pake cara itu, tapi takut nanti pihak embassy nya curiga kalo ada uang yang tiba-tiba masuk. berarti ga apa apa ya? hehehe makasih jawabannya 😀

      2. Kalo dulu saya print out sekali aja dan tunjukin kalau dananya ada, embassy ga tanya apa2 kok =)

    1. Iya sebaiknya begitu, untuk jaga2 aja daripada nanti sudah tinggal berangkat trus malah nggak bisa gara2 alien card

  2. Kalau misalnya saya cuma traveler di korea tapi stay 90 hari disana, apa bisa mengurus visa jepang ke KBRI? Saya sudah pasti gak punya alien card.

    1. kalau 90 hari keatas di korea harus punya alien card.
      kalau itu lebih baik urus visa jepangnya di indo aja sebelum berangkat ke korea dan jepang biar lebih amannya, soalnya takut ga bisa urus malah di korea nya nanti.

  3. halloo mau nanyaa kemarin visa nya di urus tanggal brp keluar tanggal brp ya (brp lama pengurusan) ?? terus apakah harus melampirkan tiket pesawat juga untuk mengurus visa?? thankyou 🙂

    1. kalo ga salah sekitar seminggu maksimal kalau seluruh datanya lengkap. waktu apply nanti bisa ditanyakan ke petugasnya kira2 berapa lama, dan si petugas akan kasih tau. waktu aku kemarin melampirkan juga tiket pesawat dari ICN-NRT. hope this helps 🙂

  4. Numpang nanya gan…klu seperti saya pekerja biasa…bukan pelajar bisa ngga ya ngajuin visa buat ke jepang..mksih gan infonya

Leave a Reply

