japan – part 1

akhirnya setelah beres visa, berangkatlah gw ke Jepang, negara tetangga korea, perlu dicatat kalo gw sama sekali BUTA aksara jepang, oke lah kalo masi ada tulisan hangeul di sana, jadi at least gw bisa baca.

baik, inilah summary perjalanan gw, sapa tau bisa jadi bahan info buat yang mau ke Jepang juga :

1. karena kota gw jauh dari Incheon, dan flight gw itu jam 8.40 sabtu pagi, mau ngga mau gw harus ngambil bus ke Incheon jam 23.30 malem hari jumat. tiket bus udah gw beli seminggu sebelum nya in case si loketnya ngga buka. prinsip gw adalah cari aman aja. apalagi kalo ngga kekejar bus ini, gw ngga akan bisa sampai Incheon.

2. sampai di Incheon airport sekitar jam 4. kelaparan, blum ada yang buka, tapi gapapa lah. pertama adalah nge cek dulu gw harus cek in di mana, liat papan pengumuman “check-in information” sehingga nanti ngga buang waktu. oh ya, kalo bisa punya travel wallet, jadi disitu bisa simpen paspor, tiket, peta dan yang penting2, jadi ngga dikit2 ngambil di tas, bikin lama.

3. jam 6 cek in uda di buka, dan gw masuk ke sana. kalo ngga salah sih eastar jet itu di K, lupa gw. setelah cek in dan masukin barang di bagasi [maksimal 15 kg, tapi bagasi gw cuman 9 kg] gw dapet boarding pass. si mbak2 cek in akan ngasi tau di gate berapa dan apakah harus naek kereta kesana atau enggak, kalo masi merasa belum jelas, tanya lagi biar nanti ngga bingung sendiri.

4. satu hal yang gw lupa adalah nge-print alien card om gw sebagai invitator, jadi gw takut bakal ditanyain sama imigrasi jepang atau korea. akhirnya setelah tanya2 ke informasi, gw dikasi tau kalo di lantai B1 ada kafe namanya tea story yang buka jam 7 dan bisa ngeprint disana, letaknya di depan rumah sakit Inha University dan bank apa gitu di basement. akhirnya gw lari2 kesana sampe nungguin itu kafe buka dan ngeprint. [well, emang mahal 300won per lembar] setelah ngeprint, gw sempet beli donat di dunkin buat sarapan karena super laper. setelah itu baru de masuk imigrasi. siapkan paspor, boarding pass, alien card [bagi yang punya] dan pastikan TIDAK ADA LIQUID di tas buat di kabin yang elu bawa. kalau pun ada, dimasukin ke zip bag dan jangan sekali2 bawa aerosol kaya misalnya deodoran semprot, uda dijamin ngga bakal lolos.

4. di imigrasi, gw ditanya apakah bakal balik ke korea atau engga, dan gw jawab bakal balik karena gw sekolah disini. trus udah deh dicap dan bisa berangkat. sebelum jalan2 di duty free shop, jangan lupa cek gate pesawat di sebelah mana. apakah harus naek kereta atau enggak, in case gw, harus naek kereta dan gw milih untuk naek kereta dulu dengan pertimbangan di sana pasti ada duty free shop juga kok ^^

5. setelah sampai di gate nya, tunggu dan berangkat!! japan, i’m comiiiiing!!!!