tour guide dadakan – Seoul – hari 1

Tanggal 14-17an Juli kemarin, 3 orang teman saya datang berkunjung ke Korea sini. Setelah meminta ijin ke Prof (bilang kalo keluarga yang bakal dateng) maka berangkatlah saya ke Seoul untuk menemani mereka jalan2 selama 3 hari.

1. sabtu, 14 Juli 2012

hari ini pagi2 buta berangkat ke Seoul naik KTX dari Singyeongju. Kereta jam 6.58 tapi harus naik bus dulu jam 6.00 ke Singyeongju nya. jam 5.15 saya udah siap di perempatan kampus, nyari2 taksi, setelah tanya2 ajossi satpam, dia bilang, nggak ada taksi yang bisa dihubungi!!! >.< super panik!!! padahal sebelum jam 6 harus udah sampe Pohang bus terminal demi naik satu2 nya bus ke Singyeongju. Setelah mencoba memanggil2 taksi dan pasrah (udah sempet telpon Ali, temen iran yang punya mobil) ternyata ada 1 supir taksi yang mengangkut penumpang, berenti. Di dalamnya ada penumpang juga yang mau ke bus terminal sama kaya saya, mahasiswa postech juga.

Tuhan memang maha penolong, kalo nggak ada tu sopir taksi, udah pasti ketinggalan bus dan jadi merembet ketinggalan semuanya. Si penumpang itu ternyata anak S3 Kimia di Postech. Orang Korea, tapi bahasa Inggrisnya bagus banget. FYI, dia mau ke Cangwon, ke rumah ortunya.

Long story short, saya akhirnya berhasil ke Singyeongju tepat waktu dan menunggu KTX yang akan membawa saya ke seoul dalam rentang waktu sekitar 2 jam ( kalo naik bus biasa sekitar 5-6 jam). Rencananya saya akan bertemu teman saya di exit 9 line 2 Hongdae station karena line tsb dilewati oleh kereta dari bandara. Setelah menunggu di luar exit itu beberapa lama (sampe beli minum di GS 25), ketiga temen saya ini muncul juga. Langsung kita menuju hostel yang uda dipesen sebelumnya.

Hostel ini saya pesen karena dulu pas Seolal saya uda pernah nginep disini. Yah, biasalah hostel dorm ramean. Tapi untungnya ada kamar yang untuk ber-3 jadi kita yang cewe2, bisa tidur ber3 di satu kamar. Tapi jangan mengharapkan kamarnya lux kaya hotel2 ya, karena ya namanya juga 12-15 ribu won permalem. jangan berharap banyak.

Begitu sampai hostel, kami disambut oleh si pemilik, Mr Choi. Hostel ini agak tricky, letaknya di lantai 4 dan 5 sebuah gedung, dimana lantai 1 dan 3 adalah tempat minum2, lantai 2 adalah restoran lucu dan fancy. Pertama kali kesini juga nyasar2 kok. tapi berhubung murah, jadi ya tetep kesini lagi hehehe..

Setelah mandi dan beberes, akhirnya kita sepakat untuk memesan makanan china. Kali ini kita makan pokkemchampong, salah satu makanan cina disini yang jadi favorit gw. Seharusnya dengan harga 7000, rasanya sama kaya waktu itu yang gw makan di salah satu restoran cina deket Hongdae juga di saat gw tes samsung maret lalu. Tapi menurut gw, rasanya agak kurang nendang kaya yang gw makan waktu itu.

Kira2 jam 2an kita mulai cabut untuk jalan2, cuaca mendung, agak gerimis waktu itu. Jadi kita memutuskan untuk ke museum dulu. Pilihan kita waktu itu adalah ke War memorial of Korea dan The National Museum of Korea yang terletak berdekatan dan gratis. Kedua museum ini terletak di Samgakji dan Ichon area (satu line subway) jadi gampang untuk mencarinya. Di war memorial, banyak cerita tentang perang korea dan militer korea jaman dahulu dan sekarang, sementara national museum korea lebih ke arah benda2 seni gitu. FYI, the national museum itu gede banget, nggak cukup sekali untuk menjelajahinya hehe..

Setelah kedua tempat itu, kita langsung ke arah Myeong-dong untuk nyari belt bus ke arah Namsan Tower. Menurut saya,  belt bus ini adalah salah satu cara mudah dan murah ke Seoul tower, daripada harus naik kereta gantungyang harganya sektiar 7000an. Di sana, kita beli tiket package untuk observatory (naik ke atas) dan teddy bear museum (di basement). Saat itu gerimis, jadi kita cepat2 ke teddy bear museum. Museum ini nggak terlalu besar tapi cukup unik dan lucu. Banyak teddy bear yang disulap menjadi tokoh jaman dulu dan jaman sekarangnya Korea, didandani juga banyak. Museumnya terdiri dari 2 hall, hall pertama itu tentang Korea jaman dahulu sedangkan hall kedua itu tentang Korea jaman sekarang ( Seoul tepatnya). Setelah puas foto2 di dalam museum, kita beranjak antri ke atas ke arah observatory. antriannya panjang banget, dan karena weekend juga kali ya. Tapi sayangnya ketika sampai atas, Seoul tertutup kabut, jadi kurang puas foto2 nya, tapi gak papa lah yang penting udah sampe sana (beberapa kali ke Seoul tower saya nggak pernah naik ke atas dan masuk museum nya hehe)

Sebelum pulang, kita menyempatkan makan di Hongdae, makan nasi goreng ala korea yang dimasak di hot plate di meja kita. Hari ini super capek, udah makan malemnya sekitar jam 11 dan seharian diselingi gerimis dan mendung, tapi hari itu senang!

Hari berikutnya menyusul ya~~~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s