bikin visa schengen

Akhirnya setelah beberapa minggu persiapan untuk bikin visa schengen. Tanggal 5 Februari ini kami ber3 ke Kedutaan Belanda untuk membuat Visa. Berikut pengalamannya:

  1. appointment pukul 9 pagi. tapi kami sudah sampai sekitar pukul 8.10 ternyata pembuatan visa itu bukan di pintu utamanya. tapi ada pintu lain di kedutaan nya, nanti ada petunjuknya kok “bagian konsuler”
  2. setelah menunjukkan bukti appointment yang di print setelah bikin appointment online ke pak satpam depan, kita masuk dan diperiksa tas nya. setelah itu masuk lagi ke tempat cek dokumen. disana dokumen kita akan dicek apakah sudah lengkap dan terutam fotonya. apakah sudah memenuhi syarat visa schengen Belanda. jika sudah lengkap, kita akan dikasi form biru (ada yang merah juga sih) dan list dokumen apa aja yang harus dibawa. selain itu kita juga nanti dikasih “jurnal perjalanan” untuk ditulis berapa lama kita di negara schengen yang akan kita kunjungi.
  3. setelah beres nulis jurnal perjalanan, nanti kita dipanggil untuk masuk ke tempat wawancara dan bayar visa. nanti ada satpamnya dan disuruh ambil nomer. kalo rombongan (dalam hal ini kita ber3) bisa pakai 1 nomer aja.
  4. setelah menunggu sekitar 15 menit, kami dipanggil. awalnya kami ngga tau kalo mbak2 tersebut mewawancarai kami karena pertanyaannya cuma “ini perginya berapa orang?”, “nanti ada yang menyusul?”, “tujuan ke belanda mau apa?” setelah itu kita cap fingerprint dan menunggu untuk pembayaran. pas pembayaran beres pun kita juga nggak tau kalo kita barusan wawancara. disangka wawancara nya itu kaya wawancara formal cari kerja yang masuk ke ruangan trus ditanyain.
  5. setelah beres bayar (850.000 seorang) kami dikasih lembar tanda terima, dan disuruh kembali seminggu kemudian untuk ambil paspor. abis itu kami nanya ke satpam “ini udah mbak?” kata si satpamnya “udah kok mbak.” trus “lha bukannya wawancara?” kata si mba satpam “lah itu yang pertama kali sebelum finger print kan wawancara” kita langsung KRIK. OK.  *mati dah tadi mana bengong2 ditanya karena ngga kedengeran suara mbak nya*
  6. jadi sekarang tinggal duduk manis nunggu visanya. mudah2an berhasil dan bisa ke eropa bulan depan hihihi!
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s