LASIK Preparation

hari ini hari lebaran. udah kenyang makan ketupat dan muter, gw pengen cerita sebentar tentang pengalaman awesome gw minggu lalu. di LASIK.

oke mungkin banyak banget temen gw yang heran kenapa gw berani memutuskan untuk lasik. which is a very big deal buat gw. berikut alasannya:

  1. awal mei gw tiba2 kena infeksi kornea (yang udah kedua kali) karena pake soft lens. setelah ke dokter mata di siloam, ternyata kornea gw kena erosi karena bakteri dan akhirnya meninggalkan bekas di kornea gw. untungnya bekas tersebut ada di luar jarak pandang gw. Terima kasih Tuhan.
  2. karena gw sudah lelah pake kacamata dengan minus gw yang tinggi. FYI, setelah diperiksa, mata kanan gw sudah minus 8.75 dan mata kiri 7.75. agak WOW kan?
  3. karena gw jadi takut untuk pake soft lens lagi. oke lah sekarang selamat karena lukanya diluar jarak pandang, kalo di masa depan luka lagi di jarak pandang? suram sudah hidup gw
  4. karena untuk lasik diatas minus 6 di cover sama asuransi kantor gw. hihihi…

akhirnya gw memutuskan untuk di LASIK.

pilihan tempat lasik yang gw pikir cuma JEC atau KMN dan gw akhirnya memutuskan untuk lasik di KMN Jaksel. bukan karena JEC nggak oke, tapi karena JEC simply jauh, di menteng. sedangkan KMN di lebak bulus which is deket dari tempat gw tinggal di Kebagusan. akhirnya setelah research beberapa lama dan tanya2 teman kantor yang udah pernah lasik di KMN, gw memutuskan untuk lasik dengan dr. Maya yang dulu juga me-lasik teman gw di KMN. simply, teman gw merekomendasikan dr. Maya.

  1. awalnya gw daftar langsung untuk program lasik di KMN dan untung nya lagi ada promo 25 juta all in untuk lasik. gw bayar DP 5 juta dengan keyakinan bakalan direimburse sama kantor karena sudah terbukti minus gw udah di atas 6.
  2. setelah itu KMN telpon gw untuk mengadakan perjanjian pemeriksaan penunjang yang banyak banget (7-9) tes dengan durasi kurang lebih 3 jam. saran gw untuk yang mau lasik juga malam sebelumnya tidur cukup dan jangan capek2. dan untuk pemeriksaan penunjang sebaiknya pagi karena masih fresh. waktu itu gw mulai pemeriksaan jam 8 dan selesai jam 11. pulang2 mata puyeng serasa di abuse hehehe..
  3. pemeriksaannya banyak. dari mulai refraksi otomatis pake mesin, refraksi manual yang baca2, trus ada iwave scan, trus ketebalan kornea, produksi air mata, tekanan bola mata, sampe ngeliat kornea kita dan ada foto2 mata segala. untuk lengkapnya bisa dicoba googling sendiri ya. setelah periksa nanti kita ketemu dokternya.
  4. setelah periksa, gw ketemu dr. Maya, beliau merekomendasikan gw untuk ketemu sama dr. Bondan dulu karena kornea gw tipis dan ada luka di kornea gw karena infeksi. (ih gw nyesel deh kenapa ga lasik seblum ada luka ini). tapi sisa pemeriksaan menunjukkan kalo kondisi gw oke untuk di lasik.
  5. besok nya gw ketemu dokter Bondan, beliau akan konsul dulu dengan dr. Cahyono di JEC karena beliau belum pernah ada pasien kondisi kaya gw dan lebih baik dia konsul dulu.
  6. setelah menunggu tanpa kepastian 2 minggu akhirnya gw telpon KMN lagi (penasaran aja) dan ternyata kata KMN, mata gw bisa di lasik!
  7. masalah muncul lagi setelah gw ketemu dr. Maya, beliau mengatakan kalau mata kanan gw yang ada lukanya itu ga bisa sampe bersih (sampe minus 0) karena flap nya harus dibuka lebih dalam untuk melewati luka dikornea gw, dan karena minus di mata kanan gw lebih tinggi jadi akan ada sisa minus 1-2. hmm….. akhirnya gw memutuskan untuk konsul dulu sama dokter kantor enak nya bagaimana.
  8. setelah tanya kanan kiri dan dapet approval dari dokter kantor, gw telpon KMN dan memutuskan untuk di lasik. pertimbangan gw adalah mending pake kacamata minus 1-2 dari pada kacamata minus 7-8 hehe..

oke sekian dulu ah. keseruan pas operasinya nanti gw ceritain di post berikutnya.

cheers!

Leave a Reply

