LASIK : The Day

Melanjutkan yang kemarin, akhirnya gw bisa di lasik.

Akhirnya gw memilih lasik hari jumat tanggal 1 Juli dengan harapan bakalan kena weekend untuk recovery dan ga perlu ambil cuti, selain itu minggu depannya juga lebaran kan ya.

Pada hari lasiknya :

  1. gw dateng sejam sebelumnya. di periksa sel2 korneanya dan juga ada tes gula darah sesaat. setelah lulus kedua tesnya, gw langsung disuruh ke lantai 1 di KMN untuk persiapan operasi.
  2. sebelum operasi, HP dan segala macem barang2 yang nempel kaya jam tangan, harus ditaro di tas. tas nya gw titipin ke temen gw yang nemenin juga. Oh ya mending ada temen yang nganterin waktu lasik karena butuh juga untuk titip tas dan tanda tangan surat pernyataan operasi. Setelah tanda tangan, gw masuk ke ruangan tunggu.
  3. didalam, di kasi jubah operasi yang tinggal pakai, tutupan kepala kaya buat naik gojek dan lepas sepatu. trus duduk dan di tetes mata anestesi. Setelah tunggu beberapa menit, dokter gw dateng dan mengecek mata dan juga memberikan tanda di mata gw. jadi kaya dikasih titik pake spidol gitu. gak akan berasa apa2, karena mata sudah kebal kali ya.
  4. sekitar jam 2 kurang, disuruh masuk ruang operasi. ada 2 mesin di sana dan mas nya menjelaskan masing2 kegunaannya dan gw akan dioperasi dengan mesin pembuka flap dulu untuk mata kanan kiri lalu mesin lasik nya untuk mata kanan kiri.
  5. terus disuruh tiduran, dimulai deh prosesnya.
  6. pertama-tama, mata kita dikasi penahan mata yang rasanya kata ditekan gitu tapi enggak sakit. trus kita fokus sama cahaya yang ada di mesinnya. pokoknya apapun yang terjadi, liat aja ke cahaya itu. jadi mesinnya kaya mesin pesawat ruang angkasa yang ada lingkaran2 cahaya putih 3 baris gitu. mesin itu akan mengiris kornea kita untuk membuka flap. abis itu pandangan akan burem, jadi jangan panik.
  7. setelah mata kanan kiri dibuka flap nya. saatnya di lasik.
  8. setelah gw di geser untuk ke mesin yang satunya lagi, dokter memberikan selotip untuk menahan bulu mata dan memasang kembali penahan mata. trus dibuka deh flap nya pake semacam alat gitu. ketika dibuka flap nya burem banget. trus intinya kita liat aja ke titik2 merah di mesin itu. sekali lagi, apapun yang terjadi. lihat aja titik merah kedip2 itu.
  9. setelah itu mesin nya mulai bekerja, ada bunyi kretek2 dan titik merahnya jadi berwarna biru. saatnya pasrah aja dan liat aja ke titik merah itu. setelah beres (cuma belasan detik), mata gw dikasi air banyak banget yang gw anggap buat pendingin karena baru kena laser. flap di tutup dan dikasi soft lens. trus pindah mata kiri dengan proses yang sama.
  10. setelah keduanya dipasang softlens untuk mencegah flap nya geser2, gw keluar ruang operasi dan dilihat lagi sm dokter hasilnya. hasil nya OK dan diberi obat minum dan obat tetes antibiotik.
  11. trus disuruh duduk, dikasi roti dan minum, sambil nunggu administrasinya beres. setelah duduk 10-15 menit baru boleh lepas jubah, tutup kepala dan boleh pake sepatu. trus keluar deh.
  12. setelah itu baru deh bayar2 dan penjelasan obat. trus besoknya kontrol lagi ke KMN untuk melihat hasilnya.

Intinya, gw ngga menyesal di lasik, meskipun kornea gw tipis dan cuma bisa sekali lasik. Dengan lasik ini gw rasanya dapet mata baru yang beneran harus gw jaga banget jangan sampe nanti ada minus lagi. Thank God gw masi dikasi kesempatan kedua buat dapet pengelihatan yang baik.

 

Cheers!